Konsep Desain Rumah dan Kantor

Keunikan Dari Desain Pintu Rumah Utama Berikut Ini

0 302

Pintu rumah utama atau pintu depan merupakan salah satu titik fokus eksterior rumah. Pintu ini menjadi hal pertama yang menjadi pusat perhatian setiap orang saat berkunjung. Desain pintu rumah juga menjadi salah satu daya tarik dari rumah apalagi kalau desainnya selaras dengan desain rumah secara keseluruhan. Apalai jika itu di gunakan untuk pintu utama, maka dari jalanan jika pintu selaras dengn rumah atau pintu unik, maka rumah kita akan terlihat berbeda dengan yang lain

Tak jarang pula para pemilik rumah memilih pintu utama yang unik agar tampak menarik perhatian dan beda dari rumah lainnya. Keunikan dari desain pintu rumah utama berikut ini membuatnya cocok dipilih untuk desain rumah yang Anda sukai.

Lihat juga : Gaya dan Desain Lemari Yang Cocok Untuk Pemilik Kamar Sempit

Lihat juga : Kreasi Desain Atap Rumah yang Unik dan Memukau

 

Contoh Desain Pintu Rumah Utama yang Unik

 

Pintu ayun (swing door)

Desain Pintu Ayun
Desain Pintu Ayun

Jenis pintu ayun atau pintu swing merupakan jenis pintu yang paling banyak digunakan di masyarakat. Pintu ini menggunakan mekanisme buka tutup dengan cara didorong ke depan atau ditarik ke belakang dengan putaran satu arah atau dua arah. Pintu ayun yang menggunakan dua daun pintu sehingga sering disebut dengan pintu kupu-kupu.

Desain Pintu Ayun Double Material Kaca
Desain Pintu Ayun Double Material Kaca

Beberapa desain rumah minimalis atau rumah modern sering mengkombinasikan model pintu ayun dengan material yang berbeda. Pintu ini bisa dikombinasikan dengan material baja atau kaca berbentuk asimetris sehingga tampak lebih modern dan estetis.

 

Pintu geser (sliding door)

Pintu Geser (Sliding Door)
Pintu Geser (Sliding Door)

Pintu geser dibuka dengan cara digeser ke samping kanan atau kiri. Pintu ini cocok dipakai di ruangan sempit karena tidak memakan banyak ruang. Pintu ini juga sering dipakai sebagai pintu lemari karena terkesan praktis dan rapi. Sayangnya, pintu ini cukup sulit untuk dipasang karena memerlukan struktur tambahan untuk menggantung pintu.

Pintu geser bisa dibuat menggunakan material kayu maupun fiberglass. Material fiberglass biasanya dipilih karena memiliki bobot yang ringan dan lebih awet terhadap rayap dan cuaca. Selain itu, pintu geser fiberglass juga memudahkan cahaya dari luar untuk masuk ke dalam rumah sehingga Anda tak perlu menyalakan lampu di siang hari.

 

Pintu lipat (folding door)

Pintu Lipat Fiberglass (folding Door)
Pintu Lipat Fiberglass (folding Door)

Pintu lipat memiliki mekanisme buka tutup menyerupai pintu geser. Hanya saja pintu ini dibuka dengan cara dilipat ke samping. Pintu lipat sering dipakai di ruangan yang menghadap ke taman, pintu garasi atau ruangan yang membutuhkan cahaya lebih banyak.

Pintu Lipat Kayu
Pintu Lipat Kayu

 

Pintu putar otomatis (revolving door)

Pintu Putar (Revolving Door)
Pintu Putar (Revolving Door)

Bila Anda sering mengunjungi gedung perkantoran, hotel atau mall, Anda akan sering menemukan pintu putar otomatis (revolving door). Apabila ada gerakan orang yang hendak memasuki ruangan, maka pintu putar akan berputar secara otomatis. Sebagian besar pintu putar terbuat dari material kaca sehingga terkesan elegan dan tembus pandang.

 

Pintu Ukir

Pintu Ukir
Pintu Ukir

Pintu ukir biasa dipakai di hunian tradisional, villa dan resor. Pintu ini dipakai demi menghadirkan nuansa etnik dan natural pada hunian. Jenis ukiran yang terdapat di pintu pun beragam, bisa berupa tokoh pewayangan, ulir tumbuhan, hewan atau abstrak. Karena pengerjaan pintu ini memakan waktu, biasanya pintu ini dihargai cukup mahal.

 

Pintu Perancis

Pintu Perancis
Pintu Perancis

Penyuka gaya tradisional atau country, tentu tak asing lagi dengan model pintu Perancis. Desain pintu ini merupakan kombinasi antara kayu dan beberapa potongan kaca dengan elemen dekoratif yang memisahkan kaca jendela yang berdekatan. Desain pintu Perancis bisa dikatakan hanya memberi sedikit privasi sehingga cocok dipakai untuk elemen estetika saja.

Meski demikian, pintu ini mampu memberikan pandangan yang luas ke arah luar serta mampu memasukkan lebih banyak cahaya ke dalam ruangan. Harga pintu Perancis lebih mahal daripada harga pintu biasa. Hal ini disebabkan karena pintu ini memiliki desain berkelas dan mampu meningkatkan nilai estetika dan nilai jual rumah.

 

Pintu Lengkung

Pintu Lengkung
Pintu Lengkung

Pintu lengkung menawarkan aura klasik/tradisional dan terbuat dari kayu yang kokoh. Bentuknya yang melengkung membuat tampilan pintu terlihat manis dan lembut. Desain pintu lengkung juga sering diterapkan pada rumah berkonsep mediterania atau Spanyol sehingga sering pula disebut sebagai Spain door.

Karena bentuknya yang unik, pintu ini jarang dijual di pasaran sehingga banyak yang memilih untuk membuat pintu ini sendiri secara kustom. Pintu lengkung bisa dikombinasikan dengan material kaca sebagai lubang masuknya cahaya. Beberapa desain pintu lengkung klasik memiliki tambahan aksen paku dari logam berukuran besar yang membuatnya tampak lebih kuno.

 

Pintu Screen

Pintu Screen
Pintu Screen

Pintu screen memiliki desain yang terbuka sehingga kurang cocok dipakai sebagai pintu utama. Biasanya pintu ini dipakai sebagai pintu pembatas antara area teras dengan area dalam rumah. Jika Anda ingin menggunakan pintu ini sebagai pintu utama, maka Anda harus menambah satu pintu lagi di belakangnya agar tidak terlalu terbuka.

Karena modelnya yang terbuka dan sebagian besar terbuat dari kaca, pintu ini mampu memberikan pandangan ke arah luar yang jelas serta mampu memasukkan cahaya dengan optimal. Model pintu seperti ini banyak diterapkan di Amerika terutama di kawasan perkotaan.

Nah jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom komentar dan jangan lupa di share di facebook, twitter dan sosial media lainnya ya, dan jangan lupa like fanspage facebook kami.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.